Senin, 11 Februari 2013

Pengertian Merajut dan Merenda

Merajut (bahasa Inggris: knitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Berbeda dari menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

merajut,merenda,crochet,kniting


Merajut dapat dilakukan dengan tangan atau dengan mesin. Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas adalah mengait benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.

Perajutan datar yang dilakukan memakai dua jarum rajut atau jarum melingkar. Hasilnya berupa kain lurus dan mendatar (persegi panjang). Perajutan melingkar yang dilakukan memakai jarum rajut berujung dua atau jarum melingkar. Hasilnya berupa kain berbentuk silinder seperti kaus kaki dan lengan baju hangat.

Berbagai jenis jarum rajut serta ukuran benang dipakai untuk menghasilkan rajutan dengan bentuk yang berbeda-beda. Produk garmen yang dibuat dari hasil rajutan, misalnya: baju hangat, syal, selimut, topi. kaus kaki, hingga blus, gaun dan tunik. Teknik merajut dengan sebatang jarum rajut disebut merenda (bahasa Inggris: crochet). Pada dasarnya, merenda dan merajut sama-sama bertujuan mengait benang melalui lubang tusukan yang ada, namun menggunakan teknik rajutan dan jarum yang berbeda. Jarum untuk merenda disebut jarum renda atau hakpen (dari bahasa Belanda: haakpen) yang memiliki pengait pada ujungnya.Selama ini, kalau mendengar kata "rajutan", pasti yang pertama terlintas di pikiran adalah sweater, baju, rompi, taplak, topi, atau syal. Rajutan memang selalu identik dengan produk-produk wearable, aksesoris, atau perlengkapan rumah tangga. Tapi ternyata, sekarang ini, rajutan sudah berkembang sedemikian rupa. Bukan cuma jadi produk-produk seperti yang sudah disebutkan tadi, rajutan juga bisa jadi boneka (amigurumi), bahkan bisa jadi karya seni spektakuler!

bukan sekedar rajutan,, ini adalah seni !!!!

Salah satu bentuk karya seni dari rajutan adalah Yarn Bombing. Yarn Bombing disebut juga yarn storming, guerilla knitting, urban knitting atau grafitti knitting adalah suatu bentuk grafitti, tapi menggunakan benang, bukan tinta atau cat seperti grafitti pada umumnya. Biasanya sih, berbentuk rajutan benang warna-warni yang membungkus objek-objek di ruang publik. Objek yang dibungkus macam-macam. Bisa pohon, tiang listrik, tiang lampu, mobil, boks telepon umum, sampai tank. Tidak seperti grafitti dengan cat atau tinta, grafitti rajutan ini mudah dilepas dan dipasang kembali.

Yarn Bombing di Melbourne, Australia
Yarn Bombing Tree oleh Kintta Please


Di beberapa tulisan yang saya baca, yarn bombing pertama kali dipopulerkan oleh Magda Sayeg, seorang perempuan Texas pada tahun 2005. Dia juga mendirikan Knitta Please, sebuah grup grafitti rajutan yang menyebarkan virus yarn bombing ini ke seluruh dunia. Tapi di blog Yarn Bombing Montreal ditulis, bahwa sebelum Magda Sayeg "menemukan" yarn bombing, ada seorang artis, Robyn Love, yang membuat proyek serupa, pada tahun 1997. Namun pada saat itu, dia tidak menyebutnya yarn bombing, meskipun pada tekniknya sama.

Karya Robyn Love, 1997

Virus Yarn Bombing semakin menyebar di seluruh dunia. Di kota-kota besar seperti Montreal, dan Los Angeles, mulai bermunculan komunitas-komunitas yarn bombing, yang rutin "mengebom benang". Bahkan tanggal 9 Juni ditetapkan sebagai International Yarn Bombing Day. Yarn Bombing juga melahirkan seniman-seniman grafitti yang luar biasa. Salah satunya adalah Agata Olek, seorang yarn bomber kelahiran Polandia.

Yarn Bombing karya Agata Olek

Komunitas perajut Makassar Qui'-Qui' akan melakukan yarn bombing yang pertama kalinya dibuat di Makassar pada tanggal 23-24 Juni 2012. Objek yang menjadi target adalah sebuah pohon mangga di depan markas Qui'-Qui', di Jalan Abdullah Daeng Sirua 192e, Makassar. Proyek ini dalam rangka Pra Festival Rajutan Indonesia 2012, yang puncaknya digelar tanggal 30 Juni - 1 Juli 2012 di Bandung. Jadi, jika penasaran dan tertarik dengan yarn bombing, silahkan datang di acara tersebut. Gratis!!
 
 

1 komentar:

  1. saling berbagi dan menjalin silaturahmi, artikel yg sangat berguna tetap semangat posting dan visit back lagi yah di Grosir Baju Rajutan

    BalasHapus